Beranda | Artikel
Mukadimah - Bagian ke-3 - Kitab Kun Salafiyyan alal Jaddah
Senin, 30 Juli 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Mukadimah – Bagian ke-3 – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. dalam pembahasan kajian kitab “كن سلفيا على الجادة (Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah)” karya Syaikh Abdussalam bin Salim As-Suhaimi hafidzahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan manhaj dan salaf. Kajian ini disampaikan pada 14 Dzul Hijjah 1439 H / 26 Agustus 2017 M.

Download juga kajian sebelumnya: Mukadimah – Bagian ke-2 – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Ceramah Agama Islam Tentang Mukadimah – Bagian ke-3 – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Untuk bisa termasuk kedalam golongan orang-orang yang mendapatkan pertolongan dari Allah, kita butuh sabar dan butuh terus berlajar. Bahwasannya Imam Bukhari rahimahullahu ta’ala pernah mengungkapkan satu pernyataan yang terkenal. Yaitu, “Bersabarlah wahai orang-orang yang berpegang teguh dengan sunnah, sesungguhnya jumlah kalian paling sedikit.” Imam Bukhari mengungkapkan ini dizaman keemasan periwayatan ilmu hadits. Banyak yang menghadiri majelis tapi beliau tetap mengatakan bahwa jumlah kalian sedikit. Diterangkan oleh para ulama bahwa maknanya adalah tidak semua orang yang menghadiri majelis, bahkan dizamannya para imam dan menjadi muridnya para imam. Tidak semua yang kemudian keluar menjadi ahlussunnah yang sesungguhnya. Tidak semua benar-benar memahami, mempraktikkan dan bersabar. Allah akan memilih.

Kalau orang yang menghadiri dan belajar saja belum tentu jadi, bagaimana nasibnya orang-orang yang menentang? Orang yang dari awal tidak mau menerima dan bahkan memusuhi. Ini adalah tipu daya setan yang menimpa sebagian manusia. Kita berdo’a kepada Allah semoga memberikan hidayah kepada kaum muslimin untuk dijauhkan dari keburukan-keburukan yang besar seperti ini.

Dan sudah diketahui bahwa yang pertama kali disebut sebagai ahlussunnah wal jama’ah adalah para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian orang-orang yang mengikuti jalan mereka dengan kebaikan. Orang-orang yang mengikuti metode pemahaman dan pengamalan agama mereka. Mengikuti jalan petunjuk mereka sampai hari kiamat. Makna ini disepakati dan tidak ada yang menolaknya. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُم بِإِحْسَانٍ رَّضِيَ اللَّـهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ۚ ذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ ﴿١٠٠﴾

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.” (QS. At-Taubah[9]: 100)

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Mukadimah – Bagian ke-3 – Kitab Kun Salafiyyan ‘alal Jaddah

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

 


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/44417-mukadimah-bagian-ke-3-kitab-kun-salafiyyan-alal-jaddah/